Jumat, 23 Maret 2018

Tapis Blogger Gathering 4 : Serunya Belajar Public Speaking Bersama Dunia Indra di Kantor ACT Lampung


Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Saat aku masih SMP aku kagum banget dengan pembawa acara saat upacara bendera. Suaranya membuat peserta upacara terhipnotis dan hening. Saat SMA juga berlanjut kagum dengan pembawa acara hingga kuliah selalu mencermati MC kalau ngomong. Bertahun-tahun kemudian, aku menjadi guru dan didapuk menjadi pemimpin upacara. Seumur hidup baru sekali itu karena di sekolah yang lama, guru perempuan  tidak diperbolehkan menjadi pemimpin upacara. Uhuy gugup maksimal deh!

Rabu, 21 Maret 2018

Molten Banana : Varian Baru dari Banana Foster yang Cripsy dan Meleleh



Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Banana Foster punya varian baru! Begitu dapat kabar undangan menghadiri launching Banana Foster varian baru ini aku sempat bertanya-tanya kira-kira apa ya namanya kelak? Kalau lihat di IG Banana Foster Lampung, ada 3 calon nama varian baru, yaitu:
1. Melted Banana
2. Lumer Banana
3. Molten Banana

Nah, daripada aku penasaran akut, mending langsung bersiap hadir diacara launching Banana Foster varian pada tanggal 18 Maret 2018 Pukul 13.00 WIB. Sip, bersiap-siap!

Tentang Melepaskan Kesempatan dan Melejitkan Kemampuan


[Curhat] Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Beberapa hari ini badanku kurang fresh. Maunya tiduran aja atau malah baca buku enggak mau ngetik atau buka laptop. Rasanya badan terlalu goyang diajak berjalan-jalan. Ada ikut acara pun aku menahan rasa sempoyongan. Kalau kata suamiku, “Ummi itu sehat kalau Ummi bahagia!”


Yes, aku emang lagi sedih karena harus melepaskan satu kesempatan. Ya, walau kata orang kesempatan itu tidak akan datang kedua kalinya. Tapi aku enggak bisa memaksakan diri juga.

Minggu, 18 Maret 2018

Blog Tour dan Giveaway Buku 41 Tantangan Untuk Anak Hebat



Buku 41 Tantangan Untuk Anak Hebat. Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,
“Mi, bacain Mi!,” seru Aisyah.
Jika Ummi lagi sibuk dan belum merespon, Aisyah akan teriak, “Sayangkuuuuu!”
Artinya, pengen segera direspon mengajak baca buku hihihi....

Setelah mengikuti 10 tantangan membacakan buku kepada Aisyah, ini menjadikan kebiasaan yang positif. Selama ini sudah diajak membaca, tapi ya itu masih sambilan. Ummi juga enggak baca sambil habis. Malah ngomongin gambarnya hehe...  tapi sejak diajak rutin membaca pada jam yang disesuaikan mood Aisyah, akhirnya Aisyah ketagihan dibacakan buku, horeee ini menjadi kebahagian tersendiri.

Jumat, 09 Maret 2018

Tips Merawat Bayi Tanpa Pengasuh



Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,         
           
Merawat Bayi Tanpa Pengasuh. Moms, aku mau cerita tentang pengalamanku punya pengasuh dan tidak punya pengasuh. Saat anak pertama lahir, aku ditemani oleh adik angkat sampai Faris berusia sekitar 11 bulan. Pembagian tugas rumah tangga juga enak karena soal mencuci pakaian dan beberes rumah ada yang menemani. Lima tahun kemudian, saat anak kedua lahir, aku memiliki pengasuh yang menginap di rumah. Saat itu aku masih mengajar di SDIT. Pagi hingga sore aku masih di sekolah. Anak-anak aku dijaga pengasuh. 

Kamis, 08 Maret 2018

4 Perempuan Inspirasiku




Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Sudah tahu kan kalau tanggal 8 Maret 2018 adalah Hari Perempuan Internasional?  Kalau ditanya siapa sih perempuan inspiratif di sekitarmu? Maka, aku akan menjawab selain ibuku, tentu 4 kakak perempuanku. Yap, keempat kakak perempuanku iniah yang mengubah sebuah anggapanku kalau perempuan tidak boleh cengeng! Nangis ya boleh, tapi tidak meratapi nasib.



Keempat kakakku ini sebuah perempuan karir dan PNS. Jarak usiaku ya jauh banget. Dengan kakak keempat saja ada 11 tahuan. Ada 2 kakak yang meninggal di atasku. Jadi, sebenarnya aku ini anak kedelapan hehe... tapi kelima dari yang masih hidup sekarang.

Sejak aku kecil, kami diajarkan kompak menjadi anak perempuan. Keempat kakakku banyak mengajarkan aku. Maklum dulu ayah bertugas di luar  kota, hanya pulang pas weekend. Jadilah aku banyak jadi anak kecil oleh kakak-kakakku hehe....

Selasa, 06 Maret 2018

5 Cara Mengajarkan Anak Mengelola Uang


Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Dulu, saat aku masih SMP, ibuku buka warung di depan rumah. Dari berjualan pempek isi kates (pepaya yang diparut), es batu, hingga jajanan lainnya. Selain berbisnis batik besurek kala itu. Aku juga melihat ibu mencoba mengisi harinya dengan membuka warung. Ya, bukan benaran serius berbisnis sih, cuma biar ada kesibukan aja :)



Pernah juga ibuku pengen buka jasa pijat karena ibu emang enak banget kalau mijat kami. Tapi, niat ibu dilarang oleh keluarga hehe... gimana kalau ada bapak-bapak minta dipijat? Lah kami di rumah cuma berduaan.

Saat itu masih penyesuaian setelah Ayah meninggal. Pengelolaan uang jauh berbeda. Uang jajan jelas perlu hemat-hemat, aku kecil sudah mulai belajar menahan keinginan. Beli sepeda juga yang standar aja asal bisa goes ke sekolah, tidak sepeda bergigi seperti teman-temanku lainnya. Jajan beli buku ke toko buku juga jauh berkurang, hingga aku akhirnya menemukan tempat penyewaan buku dan menjadi tempat favoritku peminjam buku.