Selasa, 06 Maret 2018

5 Cara Mengajarkan Anak Mengelola Uang


Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Dulu, saat aku masih SMP, ibuku buka warung di depan rumah. Dari berjualan pempek isi kates (pepaya yang diparut), es batu, hingga jajanan lainnya. Selain berbisnis batik besurek kala itu. Aku juga melihat ibu mencoba mengisi harinya dengan membuka warung. Ya, bukan benaran serius berbisnis sih, cuma biar ada kesibukan aja :)



Pernah juga ibuku pengen buka jasa pijat karena ibu emang enak banget kalau mijat kami. Tapi, niat ibu dilarang oleh keluarga hehe... gimana kalau ada bapak-bapak minta dipijat? Lah kami di rumah cuma berduaan.

Saat itu masih penyesuaian setelah Ayah meninggal. Pengelolaan uang jauh berbeda. Uang jajan jelas perlu hemat-hemat, aku kecil sudah mulai belajar menahan keinginan. Beli sepeda juga yang standar aja asal bisa goes ke sekolah, tidak sepeda bergigi seperti teman-temanku lainnya. Jajan beli buku ke toko buku juga jauh berkurang, hingga aku akhirnya menemukan tempat penyewaan buku dan menjadi tempat favoritku peminjam buku.