Rabu, 28 Februari 2018

Rencana Keuangan di Tahun 2018

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom

Tahun 2018 sudah memasuki bulan ketiga Artinya sudah lewat 2 bulan dari tahun baru masehi. Nah, sebagai ibu rumah tangga, manajer keuangan keluarga, apakah sahabat Smart Mom sudah  memiliki informasi pengelolaan keuangan di keluarga. Momen tahun baru adalah momen yang tepat untuk melakukan perubahan, termasuk perubahan dalam keuangan keluarga Nah, bagaimana caranya? 

Senin, 26 Februari 2018

Kisah Suksesnya Nibra's House Lampung

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Sejak sebelum menikah, aku sudah belajar bisnis. Dulu ibuku membuka usaha Batik Besurek Bengkulu, cukup besar di Kota Bengkulu hingga bisa mengantarkan kakak-kakakku menjadi sarjana. Namun, tahun 1998 saat krisis moneter, usaha ibuku bangkrut. Sayang sekali aku belum sempat belajar berbisnis lebih lama dari ibuku.

Usaha keluarga vakum, tapi semangat ibuku dilanjutkan oleh kakakku di Jambi. Alhamdulillah ya hehe... Nah, kemarin aku belajar ilmu bisnis yang super keren dari Owner Nibra’s House Lampung Distributor Nibra’s pertama di Lampung, Mbk Yanti.



Jumat, 23 Februari 2018

Tips Melerai Anak Berkelahi



Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Tips Melerai Anak Berkelahi. Moms, pernahkah anaknya berkelahi? Entah rebutan mainan, salah omongan hingga buat mencoba saja gimana sih rasanya berkelahi? Eh, ini pernah kejadian padaku. Suatu hari, saat masih tinggal di Padang Faris lari dan masuk kamar.

“Umi, perut Mas sakit, ditendang teman,”

Saat itu Aisyah masih di bawah 1 tahun. Sempat berpikir, kenapa berkelahi fisik? Biasanya anak-anak tidak pernah berkelahi sampai fisik, paling sering ejekan karena masalah beda bahasa. Untuk mengecek siapa yang salah dan bagaimana kejadiannya, aku langsung mendatangi tempat mereka bermain dan mengecek kejadiannya.

Kamis, 22 Februari 2018

Melatih Anak Cowok Bertanggung jawab

melatih anak bertanggungjawab


Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Melatih Anak Cowok Bertanggung Jawab. Suatu hari Faris pulang sekolah dengan wajah menekuk dan menunduk, “Mi, tadi Mamas mecahin galon!” Aku sempat kaget kok bisa Mas Faris mecahin galon. Kan galon itu berat.

"Mas Faris mau angkat, terus jatuh, pecah!" ujar Faris.

Mendengar cerita Faris itu sempat bikin aku mikir berat, kenapa tiba-tiba Faris mau angkat galon? Di rumah aja enggak pernah angkat yang berat-berat. Akhirnya setelah disampaikan ke Abi. Kami sepakati akan menggantikan galon.

"Biar praktis, bawa aja uangnya!" usulku.

Yap, sempat nyari info berapa ya harga galon, mana waktu itu lagi akhir bulan. Duit ngepas banget. Aku sempat menasehati Faris, lain kali jangan mengangkat galon, apalagi berat begitu. 

Rabu, 21 Februari 2018

4 Kata Ajaib Ini Perlu Diajarkan Pada Anak

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Aisyah putri kecilku sekarang sudah usia 3 tahun. Makin lincah dan ceriwis. Kalau diajak ke sekolah Mas Faris dan Abang Fatih, pasti banyak keluar pertanyaannya. Nah, kecerdasan linguistik Aisyah lebih dominan dibanding yang lainnya. Untuk itu aku juga perlu menstimulasi mengenalkan empat kata ajaib.

Apa itu empat kata ajaib?


Apa itu empat kata ajaib?

Keempat kata ajaib yang akan aku ajarkan tersebut adalah maaf, permisi, tolong dan terima kasih. Ini perlu diajarkan sejak dini agar melekat menjadi karakter jika sudah dewasa kelak. Saat nonton Film Bunda, Kisah Cinta Dua Kodi juga tokoh Tika tidak pernah mengatakan maaf kepada anak-anaknya, sehingga anak-anaknya sedih. Ini mengingatkanku untuk terus mengajarkan empat kata ajaib kepada Aisyah.

Senin, 19 Februari 2018

Temu 20 Perempuan Kece Lampung



Assamualaikum Sahabat Smart Mom, 

Semalam (Minggu, 18 Februari 2018) aku menghadiri undangan dari Empowomen di Eatboss Lampung. Aku hadir mewakili Tapis Blogger sebagai stokhoder yang akan menilai presentasi dari beberapa peserta yang totalnya 20 peserta Empowomen.

Aku hadir sekitar Pukul 19.30 WIB. Peserta sudah hadir dan acara akan dimulai. Aku disambut hangat oleh Mbk Emilda yang telah menghubungiku via WA. Mbk Emilda ini penuh perhatian loh, selalu mengingatkan di WA bahkan hingga aku sampe rumah loh, dudu..perhatiannya bikin hati meleleh hehe..

Kami para undangan diajak makan malam bersama. Menunya istimewa nasi goreng, mie  dan ada pizza juga. Alhamdulillah enggak kelaparan, soalnya emak-emak super kilat mau berangkat acara, hehe... becanda, loh!

Sabtu, 17 Februari 2018

Mengajak Anak Menggunting dan Menempel



Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Apa kabar semua? Apa kegiatan weekend? Pekan ini Mas Faris dan Abang Fatih libur dari Hari Kamis dan Jumat. Kalau Hari Sabtu selalu libur. Jadi pekan ini banyak liburnya.





Kamis, 15 Februari 2018

Mencicipi Ayam Gepuk Pahlawan, Kuliner Murah di Bandar Lampung


Assalamualaikum sahabat Smart  Mom,

Mencicipi Ayam Gepuk Pahlawan, Kuliner Murah di Bandar Lampung. Ada yang suka makan ayam? Kali ini aku mau mencicipi Ayam Gepuk Pahlawan yang terdapat di dekat Makam Pahlawan. Awal kenal Ayam Gepuk Pahlawan ini dari Mbk Siska. Anak Mbk Siska pernah ikut pelatihan menulis fiksi yang diadakan bersama Aura Publishing. Saat itu aku dan Yoga sebagai pemateri kelas menulis fiksi itu. Perkenalan kami berlanjut hingga Mbk Siska mengajak mampir ke kedai milik adiknya.

Senin, 12 Februari 2018

Film Bunda : Kisah Cinta Dua Kodi dan 7 Pelajaran Berharga Untuk Perempuan


Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,


Kemarin aku ikutan Nobar dengan pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Lampung yaitu Mustafa-Aja. Kenapa aku mau ikut? Filmnya tema keluarga, diangkat dari Novel Mbk Asma Nadia pendiri Forum Lingkar Pena (FLP)  berdasarkan kisah nyata Mbk Tika pendiri Keke Collection. Sebagai anggota FLP dan juga menyukai literasi, aku senang banget ikutan Nobar ini.

Siang itu sudah standy by di XXI Mall Boemi Kedaton sejak pukul 13.30 WIB. Ramai dengan calon Nobar Bareng Mustafa-Aja. “Mbk, ini nanti yang nonton dapat gratis kaos kaki ya?” tanyaku pada seorang perempuan duduk dengan meja di depannya penuh dengan kaos kaki berlabel Keke.

Jumat, 09 Februari 2018

5 Keseruan Sahrul Gunawan Bertemu Pelanggan Lampung Bona Cake


Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,
Zaman aku ABG wajah imut Sahrul Gunawan tak asing lagi. Pemain sinetron tokoh Jun dalam Jin dan Jun ini emang nge-hits banget deh di zaman itu. Apalagi setelah duet di sinetron Pernikahan Dini dengan Agnes Monika makin rame lagi. Wah, jadi gak asinglah dengan pesinetron yang wajahnya hemat banget jadi tua ini hihi...

Senin, 05 Februari 2018

5 Tips Memilih Mukena sebagai Penunjang Muslimah Beribadah


Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Mukena sebagai pendukung bagi muslimah beribadah. Apalagi kalau mukenanya bersih dan enak dipakai. Aku sendiri masih teringat dengan mukena pemberian kakakku. Sebenarnya mukena itu untuk ibuku, tapi setelah ibu tiada, mukenanya aku yang pakai. Mukenanya awet hingga berkali-kali lebaran dipakai. Abis mukenanya emang bagus jadi aku sayang buat pakai sehari-hari. Tapi, pikiran aku mulai berubah. Masa sih mukena bagus buat hari raya aja? Gimana ibadah hariannya? Kan lebih semangat kalau sholat 5 waktu dengan mukena yang mendukung ibadah kita? 

Sabtu, 03 Februari 2018

Tapis Blogger Gathering 2 : Mengenal Karya Thasya Busana, Review Produk dan Belajar Fotografi


Assalamualaikum sahabat Smart  Mom,

Keseruan acara Tapis Blogger Gathering 2 masih saja terasa, walau acaranya sudah berlalu. Maklum kalau sudah kopdar, rasanya kayak sudah keluarga sendiri, hehe... Acara Tapis Blogger Gathering 2 ini berbeda konsep dengan yang sebelumnya. Jika Tapis Blogger Gathering 1 untuk anggota dan umum, kali ini khusus anggota saja, “Biar makin akrab!” usul seorang pengurus Tapis Blogger.

Kamis, 01 Februari 2018

Bebas Nyeri Sendi Untuk Ibu Aktif Bersama K-AyuArtis Oil


Assalamualaikum sahabat Smart  Mom,

“Bi, izin ya pengen ikutan Munas FLP di Bandung,”
“Emang bisa sambil bawa Aisyah?” tanya suamiku.
“Iya, Insya Allah kuat deh!” jawabku.

Yap, beberapa bulan lalu aku mengikuti acara Munas FLP di Bandung. Aku berangkat membawa Aisyah, putri kecilku yang lincah berusia 3 tahun. Suami sempat tidak mengizinkan karena kuatir aku kecapekan mengurus Aisyah. Putri kecilku ini sangat kinestetik. Melihat pintu terbuka sedikit saja, langsung kabur! Pengen main ke rumah tetangga.