Selasa, 29 Mei 2018

Bagaimana Mengajarkan Anak Puasa?

Bagaimana Mengajarkan Anak Berpuasa


Assalamualikum Sahabat Smart Mom,



Apa kabar Ananda di rumah? Sudah belajar puasa? Tahun ini adalah tahun kedua Fatih belajar puasa. Jika tahun lalu belajar puasa hanya setengah hari dan lanjut lagi setelah dzuhur, maka tahun ini belajar puasa sampai maghrib tiba. Nah, bagaimana cara melatih anak berpuasa?

Memang aku akui mempersiapkan Fatih belum optimal. Walau sebelum Bulan Ramadhan sudah diingatkan akan belajar puasa, tapi saat masuk Bulan Ramadhan tetap saja shock dihari pertama, kedua dan ketiga hihi... drama kehausan, kelaparan, Umi jahat, Umi pelit, nangis, dan lainnya keluar semua. Hadeh, kisah anak belajar puasa emang sering heboh ya? 


Jumat, 25 Mei 2018

7 Tips Mengelola Keuangan di Bulan Ramadhan


Assalamualaikum Sahabat Smart Mom, 



7 Tips Mengelola Keuangan di Bulan Ramadhan. Alhamdulillah Ramadhan yang dinantikan sudah kita jalani ya. Namun, semakin hari, semakin membuat sedih untuk berpisah. Kalau hari pertama mungkin akan terasa berat menjalankan puasa karena masih penyesuaian, tapi setalah 3 hari berlalu, badan sudah adaptasi. Bagi ibu rumah tangga, juga sudah beradaptasi dong menyiapkan menu sahur dan berbuka? 

Tahun ini kami menjalani sahur dan berbuka yang berbeda. Mas Faris anak sulung kami sudah masuk pondok. Biasanya, Mas Faris paling heboh minta ini dan itu sebagai menu berbuka puasa atau sahur. Paling sering dulu menu sahurnya rendang. Sampai aku membuatkan rendang dalam jumlah banyak, agar awet sampai 1 minggu, hihi... 

Rabu, 23 Mei 2018

4 Tips Belanja Kece Hadapi Ramadan Ekstra Tokopedia



Assalamualaikum Sahabat Smart Mom, 



Bagaimana puasanya Moms? Tetap berjalan kan? Nah, Bulan Ramadan tidak hanya banyak diskon ampunan dari Allah Swt, tapi juga diskon super gede 99% dari Tokopedia. Beberapa hari lalu, aku baru pesan tas buat Abang Fatih. Sudah diajak keliling toko jualan tas, enggak ada ketemu seleranya, jadilah aku ajak belanja online aja. Senang banget akhirnya nemu tas idamannya di Tokopedia. Enggak perlu muter toko lagi, apalagi kalau mengajak Aisyah, bisa belanja makin beranak-pinak deh. Dari awalnya pengen beli tas aja, jadi berkembang ke jajanan lainnya, tekor deh! 


Nah, sahabat Smart Mom, ada info keren dari Tokopedia untuk besok di tanggal 24 Mei 2018. Catat ya dan pasang alarm! Caranya gimana? Yuk, baca info berikut! 

Selasa, 22 Mei 2018

Bahan Jilbab dengan Kesan Elegan Untuk Buka Puasa Bersama


Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Apakabar semua, masih semangat berpuasa? Tentu dong! Nah, sudah punya janji untuk Buka Puasa Bersama? Kalau aku sudah pernah sau kali buka puasa bersama dengan FLP Bandarlampung Ahad lalu dan Insya Allah ikut buka puasa bersama lagi dengan Tapis Blogger Hari Kamis besok. Oiya, ngomongin  buka puasa bersama, seorang muslimah pasti menyiapkan jilbab atau kerudung yang akan dikenakan. Jangan sampai salah pilih bahan jilbab ya Moms, soalnya pasti deh butuh banyak waktu untuk ngobrol atau say hello dengan teman selama bukber. Untu itu kenalan yuk dengan bahan jilbab yang elegan agar nyaman selama bukber!

Minggu, 20 Mei 2018

7 Persiapan Anak Masuk Pondok dan Serba-Serbi Perlengkapannya


Persiapan Anak Masuk Pondok Tahfidz Qur'an


Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,


Ahad, 20 Mei 2018 adalah momen penting dalam keluarga kami karena Mas Faris akan masuk pondok. Sejak kelas 5, Mas Faris ingin sekali masuk Pondok Tahfidz Qur'an Darul Hidayah (disingkat DaHi), saat itu sebagai orang tua aku mendukung saja keinginan anak. Dalam perjalanan waktu, Mas Faris semakin mantap memilih DaHi seagai sekolah lanjutannya setelah SD. Kami pun mendampingi Mas Faris dengan kesungguhan, termasuk mengantar Mas Faris dauroh di DaHi.


Jumat, 18 Mei 2018

Mengajarkan Anak Untuk Birrul Walidain




Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,


Saat aku masih kecil, aku sering diajak Ayah untuk ke Curup menjenguk Andung (panggilan Ibu dari Ayah, Andung artinya Nenek). Kami sering ke Curup berakhir pekan atau juga liburan. Dengan mobil kecil, kami sekeluarga berangkat, bahkan dengan menggelar tikar untuk duduk di dalam mobil. Biasanya kami juga mampir ke Kepahiyang ke tempat sepupuku. Kenangan masa kecil itu sangat indah dalam silaturahmi dan melihat langsung Ayah mengajarkan berbakti kepada orang tua.

Selasa, 08 Mei 2018

Alergi



Assalamu'alaikum Sahabat Smart Mom,

Lagi pengen curhat nih. Udah lama enggak curhat di blog hehe... Kangen aja buat cerita keseharianku yang lagi mengalami alergi huhu...

Awalnya aku bersama keluarga lagi ganti ditergen di rumah. Lalu, kami pergi ke Tabek Indah untuk berenang. Pulangnya belum kerasa deh ada gatal-gatal. Pas tanggal 24 April, malamnya aku dan Aisyah ke dokter gigi. Aku memeriksakan gigi Aisyah dan aku konsul gigi bungsuku yang akan dicabut. Ternyata belum boleh dicabut karena gusinya bengkak. Dokter memberikan obat antibiotik dan 5 hari lagi diminta konsul.

Sabtu, 05 Mei 2018

Ramadan Ekstra : Tips Belanja Online Hemat Selama Bulan Ramadan di Tokopedia




Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,
Tahun ini emang berbeda dari tahun sebelumnya karena Mas Faris tamat SD dan Abang Fatih tamat TK. Artinya, diperlukan ekstra nih buat perlengkapan masuk sekolah. Perlengkapan sekolah Abang Fatih dan perlengkapan Mas Faris mau masuk pondok.

“Iya Mi, pakaian dalam, gamis dan peralatan mandi juga disiapkan,” ujar Abi mengingatkan.
“Abang Fatih minta beli tas ya, Mi,” bujuk Fatih.
Nah, Ramadan kali ini berdekatan dengan masuk sekolah anak. Jadi ekstra juga nih belanjanya hihi...

Selasa, 01 Mei 2018

Pengalaman Belajar Masak Saat Masih Pengantin Baru


Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Aku mau cerita pengalamanku masak saat masih pengantin baru.  Jadi ceritanya aku lagi ikut #KEBCollabwriting. Apa itu ya? KEBCollabWriting adalah kolaborasi menulis antar sesama member Kelompok Emak-Emak Blogger (KEB).  Nah, Trigger post pertama di kelompokku adalah tulisan Mbk  Hana M Zwan yang berjudul“Kemangi, Olahan Sedap yang Menggugah Selera.”