Rabu, 28 April 2021

Tips Mengajarkan Anak Berpuasa

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Tips Mengajarkan Anak Berpuasa. Tahun ini adalah tahun kedua Aisyah belajar berpuasa. Sudah sejak dua minggu sebelum Bulan Ramadhan, sudah aku sounding untuk kegiatan di Bulan Ramadhan. Bersyukur juga ada pembekalan orang tua dari TKIT QA, sehingga semakin mantap persiapannya.


tips mengajarkan anak berpuasa

Selasa, 27 April 2021

Tips Agar Anak Terbiasa Menutup Aurat Sejak Dini

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Sejak bayi, Aisyah putri kecilku diajarkan untuk menutup auratnya jika keluar rumah. Dari ke sekolah, ke warung atau saat bermain. Menutup aurat atau memakai jilbab adalah kewajiban bagi muslimah. Walau berlaku bagi yang sudah baligh, aku mengajarkan Aisyah sejak dini. 

Saking terbiasa melihat Aisyah berjilbab di media sosialku, pernah aku share foto tanpa jilbab, langsung diprotes temanku, “Kamu yakin share foto Aisyah enggak pakai jilbab?” padahal Aisyah saat itu masih 5 tahun. Namun, akhirnya aku berpikir, mungkin inilah bentuk kasih sayangnya teman padaku, untuk selalu menjaga aurat anak perempuanku sejak dini.

gamis anak syar'i


Selasa, 20 April 2021

Tips Memilih Gamis Modern Yang Nyaman dan Syar’i Untuk Orang Tua

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Sejak hijrah tahun 1998, aku sudah belajar menggunakan baju yang longgar dan panjang. Memang sih tidak serta merta menggunakan baju gamis,  aku mengawali dengan celana panjang atau kulot. Namun, lama kelamaan gamis menjadi pilihanku. Namun, tidak semua orang menyukai baju gamis yang kesannya jadi "tua" dan tidak modis. Apalagi zaman itu, baju gamis belum terllau banyak pilihan.

tips memilih gamis modern

Namun, perkembangan zaman, baju gamis atau abaya yag sering digunakan wabita muslim dewasa ini mulai berkembang. Seiring berkembangnya zaman sudah tersedianya banyak baju gamis modern dengan berbagai kreasi menarik dan kekiniaan. Dari penggunaan bahan yang semakin bagus hingga model serta tambahan pernak perniknya. Model gamis yang kian menarik ini telah memudarkan kesan baju gamis yang hanya cocok digunakan oleh ibu-ibu saja. 

Senin, 19 April 2021

Kafe Dapur Difabel Lampung, Unik dan Menarik, Dikelola Penyandang Disabilitas

Assalamualaiakum Sahabat Smart Mom, 

Beberapa hari selalu sebelum Bulan Ramadhan, aku dan beberapa teman dari Tapis Blogger berkunjung ke Kafe Dapur Difa_bel yang berlokasi di jln. Diponegoro no.14 Bandar Lampung, Provinsi Lampung (samping PLN bunderan gajah). Nah, ini kafe yang unik dan menarik karena dikelola oleh saudara kita yang difabel. 

dapur difabel lampung

Kamis, 15 April 2021

Puding Buah, Resep Bergizi Menggunakan Susu Cair Anak

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom
Alhamdulillah Aisyah tahun ini semakin mudah diajak latihan berpuasa. Sejak dua minggu sebelum Ramadhan tiba, Aisyah sudah diingatkan akan tibanya bulan suci Ramadhan. 

Sejak itu, Aisyah mulai dikenalkan bagaimana kelak ketika Ramadhan tiba. Mulai dari kebiasaan bangun sebelum subuh, mengurangi jajan sampai latihan tidur siang. Yap, Aisyah sulit diajak tidur siang, hihi...

Minggu, 04 April 2021

Menikmati Frozen Lauk Maktincul

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Ramadhan sudah di depan mata. Sudah hitungan hari, Bulan penuh berkah hadir di antara kita semua. Nah, untuk Moms semua, pastinya akan sibuk mempersiapkan menu buka puasa dan menu sahur. Aku sendiri mulai mempersiapkan menu dengan membuat jadwal dan rencana makanan yang sehat buat keluargaku.

frozen lauk maktincul lampung

Suatu hari, aku menemukan IG @makticul yang menjual frozen lauk. Awalnya aku pikir, "Ah, frozen, pasti bumbunya kurang cocok dilidah!"" tapi, ternyata aku salah! Salah! Salah, loh aku kok nada pakai nyanyi? Hihi.... emang salah, Moms! Rasanya emang enak dengan bumbu yang pas.  Bumbunya bukan kaleng-kaleng loh! 

Kamis, 01 April 2021

Peduli Gizi Anak Selama Pandemi Bersama Morinaga Chil*Go!

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Sudah setahun lebih pandemi masih terjadi di Indonesia. Bagaimana kabar anak-anak di rumah? Masih betah dengan program belajar daring? Walau di rumah saja, Moms,tetap perlu waspada menjaga daya tahan tubuh anak agar tidak terpapar virus Corona. Untuk itu, Mom, juga perlu memperhatikan asupan nutrisi bagi anak agar tubuh sehat dan daya tahan tubuh anak menjadi kuat.

Peduli Gizi Anak Selama Pandemi Bersama Morinaga Chil*Go!


Alhamdulillah Kamis, 25 Maret 2021 lalu, aku mengikuti webinar yang diadakan oleh Morinaga Chil*Go! Webinar ini bertema, "Peduli Gizi Anak Selama Pandemi," dengan menghadirkan :

1. dr. Daeng M Faqih, S.H, M.H (Ketua Umum PB IDI)
2. dr. Muliaman Mansyur (Head of Medical KALBE Nutritionals)
3. Gregorius Daru Smaragiri (Business Unit Head Morinaga Chil*Go! KALBE Nutritionals
4.  Chef Devina Hermawan (Chef/ Penulis/ Model/ Finalis Masterhef Indonesia season 5).

Senin, 29 Maret 2021

Strategi Marketing Efektif Ala IDN Crative

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom

Ramadan sudah di depan mata. Apakah Anda sudah mulai melakukan persiapan? Cuci mukena, merapikan rumah atau membuat jadwal kegiatan inftor selama Bulan Ramadan? Nah, Ramadan ini bulan suci bagi umat muslim ini sangat spesial, Di mana kegiatan ibadah dan kecenderungan orang untuk konsumsi semakin meningkat

Walau di tengah pandemi ini, keterbatasan mobilitas dengan adanya anjuran pemerintah untuk banyak di rumah saja. Maka, waktu luang masyarakat makin melonjak. Waktu luang ini sering digunakan mereka untuk melakukan online surfing dan shopping.

Robaitur Rasyid Head of IDN Creative
Robiatur Rasyid,Head of IDN Creative

Jumat, 26 Maret 2021

Memahami Gaya Belajar Generasi Z

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Menjadi orang tua di era digital ini memiliki tanggungjawab yang tinggi. Dulu, anak pertama kami, kalau diajak ke acara paling rewel minta jajan makanan atau mainan. Setelah dibelikan, duduk dengan tertib.

Saat anak kedua lahir, mulai godaan gadget menjadi tantangan tersendiri. Sampai anak ketiga lahir, ujian kecanggihan gadget dan era digital membuat kami sebagai orang tua kewalahan.

Di sisi lain, sejak pelajaran daring, anak-anak makin familiar dengan gadget. Apalagi jika zoom berbarengan. Abang Fatih mengunakan hp sendiri dan Aisyah adiknya, aku dampingi.

Anak-anak mulai tahu lagu-lagu terkini yang nge-hits di aplikasi tik-tok. Tahu dari mana? Dapat video kiriman temannya yang sudah bisa mengedit video. Wih, anak usia 9 tahun, loh!

menjadi orang tua kebanggaan anak

Selasa, 09 Maret 2021

Tips Membuat Video Masakan Untuk Pemula

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

7 Tips Membuat Video Masakan Untuk Pemula. Menjadi konten creator saat pandemi ini emang jadi tantangan tersendiri. Beberapa aplikasi membuka lowongan untuk menampilkan konten yang menarik. Konten yang lagi digandrungi anak muda dan juga para ibu-ibu adalah video. Tapi, tidak semua orang nyaman di depan kamera. Nah, konten masakan dapat menjadi alternatif karena tidak semua tampil wajah di depan kamera.

Jumat, 05 Maret 2021

10 Langkah Wujudkan Program Langit Biru

10 langkah wujudkan program langit biru


Pagi menjelang siang ketika aku keluar rumah untuk suatu  keperluan. Kutatap langit indah sekali. Langit biru yang gagah sekali. Masya Allah, aku sampai takjub. Ya, selama ini aku kurang memperhatikan warna langit, tapi kali ini aku sangat kagum. Kok, aku baru tahu ya indahnya langit biru? 

Lain waktu, seorang teman memposting foto Jakarta dengan warna langit biru yang sangat indah. Menurutnya, langit biru di Jakarta sangat langka. Namun, sejak pandemi, orang banyak di rumah saja, kendaraan tranportasi semakin sedikit, polusi udara berkurang, maka langit biru muncul dengan indahnya.

Jumat, 26 Februari 2021

Review Buku : Sukses Mendidik Anak ala Homeschooling

Judul : Sukses Mendidik Anak ala Homeschooling

Penulis : Kusumastuti

Penerbit : Bhuana Ilmu Populer

Cetakan : I

Jumlah Halaman : 362

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Memiliki anak yang sehat dan cerdas adalah impian setiap orang tua. Dari memilih sekolah yang bermutu sampai melengkapi fasilitas belajar di rumah saja. Jika dulu orang tua sudah cukup “tenang” menitipkan anak-aanak belajar di sekolah sampai sore, bahkan ditambah dengan les ini dan itu, kini saat pandemi, mau  tidak mau orang tua harus bertindak sebagai guru.

Sukses Mendidik Anak ala Homeschooling

Kamis, 25 Februari 2021

OKHOME Cleaning Service, Cara Jitu Bikin Rumah Bersih dan Nyaman

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom 

OKHOME Cleaning Service, Cara Jitu Bikin Rumah Bersih dan Nyaman. Di saat pandemi ini, anak-anak masih banyak di rumah saja. Dari pagi sampai siang, kedua anakku belajar daring. Kadang zoom, kadang video call. Pernah juga berbarengan, hingga badanku seperti setrikaan harus bolak-balik menemani mereka belajar daring.

Saat matahari sudah terik, siang hari sudah pusing mikirin tugas domestik. Ya, walaupun sudah paham agar rumah bersih harus rajin menyapu, rajin mengepel, rajin berbenah dan rajin menaruh barang pada tempatnya, hehe...

Tapi, tetap saja, beberes rumah itu perlu energi! Jadi pengen rumah bersih tanpa ribet deh! Kangen tukang bersih atau cleaning service merapikan rumahku barang sejenak. Wow, berasa jadi ratu kalau rumah kembali rapi hehe...

Temanku yang di Jakarta juga cerita, kalau dia lagi pusing ingin melakukan pindahan rumah. Terbayangkan, disaat pandemi ini pindahan rumah? Mulai dari merapikan barang-barang, sampai melakukan sesuai standar kesehatan.

Dulu, saat akan pindahan rumah, aku juga menggunakan jasa cleaning service terpercaya, apalagi kondisiku saat itu hamil besar. Jadilah mengepak barang-barang dibantu orang lain. Belum lagi memilih barang yang akan dibawa atau ditinggalkan, secara rumahku akan dikontrakan.

okhome-cleaning-service

Senin, 22 Februari 2021

Tips Menghasilkan Uang dari Media Sosial

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Tips menghasilkan Uang dari Media Sosial. Jauh sebelum pandemi, aku sudah memanfaatkan media sosial sebagai salah satu menambah penghasilan keluarga. Dari menulis di blog, ikut lomba twit, mengejar lomba di IG dan lainnya. Alhamdulillah berkah aktif di media sosial, aku pernah menang lomba dengan hadiah uang tunai, smartphone, voucher belanja dan lainnya.

tips-menghasilkan-uang-dari-media-sosial


Senin, 15 Februari 2021

Perawatan Tampil Cantik di Sumia Aesthetic Clinic Lampung

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,
Sumia Aesthetic Clinic Lampung. Sejak usia 40 tahun, aku mulai banyak menemukan perbedaan di wajahku. Dari wajah sering ada komedo, flek hitam, pori-pori membesar hingga wajah kian kusam. Sedih rasanya melihat wajahku yang miskin perawatan ini. Aduh, mau ke klinik yang murah di kantong di mana, ya? Aku pun nyari informasi di intagram, bertemu deh dengan IG @sumialampung. Ternyata pindah alamat dan dekat banget dengan rumahku, cuus deh aku mau perawatan!
 
Sumia Aesthetic Clinic Lampung