Rabu, 26 Desember 2018

5 Cerita Berkesan Awal Hijrahku


sasha halal toothpaste

Assalamualaikum sahabat Smart Mom. Semoga sehat ya. Aku mau cerita pengalaman saat awal aku berhijrah. Tahun 1998 adalah awal aku memutuskan untuk berhijrah dengan diawal memakai jilbab.

Sebenarnya sejak lama hatiku terpaut dengan jilbab. Bahkan sejak aku masih SMP dan SMA, namun hatiku masih ragu untuk menggunakannya. Setelah masuk perguruan tinggi, ada banyak kakak tingkat yang aku kenal menggunakan jilbab panjang. Mereka tanpa cantik sekali di mataku. Makin cantik setelah melihat mereka berpidato atau orasi. Sangat cerdas! Itu kesan pertamaku, maklum tahun 1998 adalah era reformasi. Maka, tak asing melihat kakak berjilbab berorasi.

Jumat, 21 Desember 2018

7 Permainan Seru Untuk Tumbuh Kembang Anak Usia 3 Tahun



Assalamualaikum Sahabat Mom,


Memiliki anak yang tumbuh sehat dan tumbuh sesuai dengan usianya adalah anugerah. Aku sempat terheran-heran melihat kemajuan pertumbuhan Aisyah yang sangat pesat. Hari demi hari aku menemukan hal baru yang unik. Aku harus lebih peka dalam menstimulasi tumbuh kembangnya.

Di usia 3 tahun pertama, memasuki fase golden age, di mana banyak melakukan aktivitas yang mengembangkan kemampuan motorik kasar dan maotorik halusnya. Nah, di sinilah peran orang tua untuk memaksimalkan fase perkembangan ini dengan memberikan stimulus. Aku mengamati Aisyah sangat baik dengan kemampuan yang dimilikinya. Pembendaharaan katanya semakin banyak, gesit dalam menendang bola, dapat minum dengan gelas sendiri dan sosialisasi dengan teman sebayanya baik.

Rabu, 19 Desember 2018

Target Blogging Tahun 2019



Sebagai blogger yang sudah memilih untuk menjadi blogger full time Aku memiliki target tersendiri pada tahun 2019 yang akan datang jika tahun ini aku sudah menjalankan fase peningkatan skill seperti belajar SEO, adsense dan memperdalam youtuber, maka pada tahun 2019 Aku juga pengen merapikan blogku. Nah berikut  Target Blogging Tahun 2019 versiku :

Istri Resik, Keluarga Harmonis dan Romantis


 resik v manjakani whitening

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Beberapa waktu lalu, sempat heboh pernikahan seoarang artis dengan pernikahan mereka melalui ta’aruf. Wah, pernikahan dengan ta’aruf kini booming, alhamdulillah ya. Bertahun yang lalu, aku dan suami juga melakukan proses ta’aruf sebelum menikah. Kami berkenalan melalui tukar biodata dan pertemuan pertama di awal Bulan April dan menikah di tanggal 24 April 2005. 

Dulu, proses ta’aruf belum sebeken sekarang. Kalau orang mendengarnya masih merasa risih, “Kok bisa nekad nikah ‘hanya’ percaya dengan selembar biodata?” atau “Kok yakin dia jodoh kamu?” ya, begitulah misterinya kisah perkenalan kami hingga akhirnya kami  berani mengarungi univeritas rumah tangga.

Selasa, 18 Desember 2018

5 Situs Yang Sering Dikunjungi


Assalamualaikum sahabat Smart Mom,
Saat mengerjakan tantangan #BPN30dayChallenge2018 yang diadakan oleh Blogger Perempuan ini aku sempat bingung situs apa ya yang sering aku kunjungi? Masalahnya banyak banget sih.  Jadi aku mau cerita 5 aja situs yang paling sering aku kunjungi :

7 Kehebatan Perut Sehat dari Bebelac Gold


7 kehebatan perut sehat dari bebelac gold


Assalamualaikum Sahabat Smart Mom, 

Alhamdulillah Aisyah sudah berusia 4 tahun. Sebentar lagi mau masuk TK. Aisyah sudah setiap hari ingin masuk TK, apalagi rumah kami dekat sekali dengan TK tempat Abang Fatih dulu. Selain pengen banget masuk sekolah, Aisyah lagi senang sekali mencoba hal baru. Dari mencoba mencuci piring, melipat baju, menyapu, membersihkan sayur dan lainnya.
“Mi, Aisyah aja yang cuci piring!”
“Mi, Aisyah mau kocok telur!”

Senin, 17 Desember 2018

Pengalaman Tinggal di 3 Kota (Jambi, Bengkulu, dan Padang)


Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Menjadi orang yang sering pindah-pindah emang seru. Walau penuh pengalaman suka dan duka, tetap aja pindah-pindah itu ada hati yang terluka. Eits, siapa itu? Kisahnya emang ada yang mellow dan ada yang menyenangkan. Mungkin kalau ditanya, “Kamu asalnya dari mana?” aku akan menjawab di Bengkulu. Namun, tidak bisa dipungkiri aku kelahiran di Jambi. Jadi, tetap saja Provinsi Jambi memiliki kenangan tersendiri. Bagaimana dengan di Padang? Selama 2 tahun di sana, melahirkan Aisyah dan wisuda suami di Univeristas Andalas penuh dengan cerita.

Nah, inilah kisahku tinggal di Jambi, Bengkulu dan Padang :

Minggu, 16 Desember 2018

5 Kebahagiaan Sederhana



Setiap orang memiliki standar yang berbeda-beda dalam meraih sebuah kebahagiaan aku sendiri juga memiliki kebahagiaan yang sederhana. Nah apa saja itu aku ceritakan ya :

1.Masakan Disukai Suami
Senang banget rasanya kalau masakan kita itu disukai suami Emang sih selama ini suamiku tidak terlalu banyak protes soal masakan yang aku masak hanya saja kalau aku sibuk jarang masak, sehingga jarang didapat pujian suami heheh.... Masakan kalau disukai suami itu rasanya berbunga-bunga, hahah... suamiku senang masakan apa aja. Paling senang dimasakin tumis jantung pisang, bunga pepaya, pindang ikan.

Sabtu, 15 Desember 2018

5 Produk Kecantikan Penunjang Penampilan



Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Ingin terlihat lebih cantik itulah fitrah perempuan. Cantik dengan wajah cerah, tidak kusam terutama bicara yang tidak jutek hehe... jadi, wajah cantik akan menunjang penampilan.

Wajahku pernah mengalami kusam dan suram hehe.. saat itu emang tidak ada niatku untuk pakai krim malam, aku bahkan suka lupa pakai pelembab saat keluar rumah. Akibatnya, saat difoto akan kelihatan jelas wajahku penuh dengan flek hitam dan kusam huhu...

Maka, sejak itu aku bertekad untuk lebih menjaga penampilan. Wajah cantik  tak perlu emang perlu perawatan. Tak usah yang mahal-mahal cukup dengan penuh trik hehe...

Jumat, 14 Desember 2018

5 Kenangan Masa Kecil yang Berkesan



Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Mengenang masa kanak-kanak adalah yang membuat rasa terbang ke masa lalu. Saat Ayah dan Ibu masih berkumpul bersamaku. Saat TK sering main ke kantor Ayah, sering diajak jalan-jalan, makan di luar hingga ke acara pameran sehingga membuat aku selalu semangat jika ada acara pameran.

Masa kecilku banyak di Bengkulu, keluarga besarku pindah dari Jambi ke Bengkulu sejak aku usia 1 tahun. Kenangan itu sangat banyak. Saat masa-masa Ibu sering menang lomba Batik Besurek atau para tamu dari luar negeri datang ke rumah kami.

Kamis, 13 Desember 2018

5 Keinginan Yang Belum Tercapai


Assalamualaikum sahabat Smart Mom,

Setiap orang pasti punya keinginan dan punya impian yang dipupuk sehingga punya tekad yang kuat untuk menggapainya. Aku dan keluargaku juga punya keinginan yang ingin dicapai namun belum tercapai di tahun ini untuk itu kami terus berdoa dan berdoa dan berusaha untuk mencapai impian yang ingin kamu dapatkan.

Rabu, 12 Desember 2018

3 Hal yang Disesali Saat Ini



Assalamualaikum Sahabat Mom,

Sebagai manusia kita pasti mengalami penyesalan akan hal yang pernah terjadi. Aku pun mengalami penyesalan yang membuatku berandai-andai. “Andai aku...” tapi, Islam mengajarkan tidak boleh berandai-andai karena itu pintu syetan.

Penyesalan selalu datang terlambat begitu kata orang bijak. Namun, menyikapi penyesalan itu aku harus berbenah. Aku harus melakukan hal untuk membayar rasa penyesalan itu. Yap, apa saja yang membuat au menyesal hingga saat ini?

Selasa, 11 Desember 2018

Tips Sukses Menjadi Blogger Full Time


blogger full time atau blogger part time

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Sejak resign 2013 lalu, aku meilih menjadi full writer. Aku menulis dari rumah untuk majalah, koran, buku dan blog. Kemudian fokus menjadi blogger sejak tahun 2015. Menjadi blogger  full time setelah memilih untuk fokus ngeblog dibanding menulis buku membuat aku terus belajar meningatkan skill menjadi seorang blogger yang sukses.

Sukses di sini artinya yang stabil penghasilan sebagai blogger. Minimal sebulan sudah ada pendapatan minimal yang ditargetkan. Saat awal merintis blog, targetku ikut job yang dikontrak 3 bulan dengan penghasilan Rp. 1,5 juta/bulan. Setelah job itu berakhir, aku banyak dapat pelajaran dalam mengatur waktu dan membuat konten yang baik. Sejak itu, aku tergiur untuk mendalami dunia blogger.

Senin, 10 Desember 2018

5 Pekerjaan Rumah Tangga yang Dinikmati




Assalamualaikum Sahabat Smart Mom

Saat sebelum menikah, tidaklah terbayang akan mengerjarkan tugas domestik sendirian. Bahkan diawal menikah, kami masih memasak dengan menggunakan tunggu kayu. Aku sempat memotong kayu bakar dan belajar menghidupkan api. Aku sempat menangis kondisi itu jauh dari impianku. Aku menangis. Aduh, aku dulu cengeng banget menghadapi kenyataan. Padahal masih banyak ibu rumah tangga lain yang jauh lebih sulit kondisi ekonominya ya?
Jatuh bangun kondisi ekonomi membuat aku memperisiapkan diri menjaid ibu rumahtangga tangguh. Sejak kelahiran anak kedua, aku belajar menjaid ibu rumahtangga yang tida lagi cenggeng. Perlahan tugas domestik aku kerjakan sendiri.

Minggu, 09 Desember 2018

5 Kegiatan Liburan Ala Smart Mom


5 Kegiatan Liburan Ala Smart Mom

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom, 

Hari libur adalah hal yang menyenangkan. Tapi, itu jarang banget aku dan keluarga pas jadwal liburannya. Kadang suami yang libur tugas kantor, aku yang banyak ngisi acara dan sebaliknya. Namun, kalau ketemu momen yang pas, kami sering melakukan hal berikut :

Sabtu, 08 Desember 2018

Jika Aku Punya Uang 100 Juta


naqiyyah syam penulis dari lampung

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom

Suatu hari temanku share di beranda facebook kalau saldo di rekeningnya masih ratusan juta. Aku sempat kaget, “Wow, kaya mendadak!” pas lebih teliti, ternyata itu permainan dari sebuah aplikasi aja hehe... bahkan ketika aku mencoba dan aku share di faceboo, suamiku sempat nanya, “Mi, benaran dapat uang 400 juta?” haha... ya Allah, semoga menjadi ijabah deh ya.

Kalau aku punya uang 100 juta, aku mau ngapain nih?

Jumat, 07 Desember 2018

5 Youtuber Favorit

youtuber lampung
Tempat asyik kalau buat syuting video ya?



Assalamualaikum Sahabat Smart Mom

Aku baru  beberapa bulan ini mengamati para youtubers setelah beberapa teman di Tapis Blogger fokus ke akun youtube. Selama ini akun youtube kurang tersentuh karena fokus ke blog. Namun, setelah mengikuti Pelatihan Youtube beberapa kali, maka aku paling sering kepo dengan aku youtube berikut. List ini gabung dengan youtuber yang disukai anak-anakku ya hehe...

Kamis, 06 Desember 2018

Cara Bijak Menggunakan Susu Kental Manis (SKM)

bijak menggunakan susu kental manis provinsi lampung

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,


Zaman kecil ingat banget kalau di rumahku selalu ada susu kaleng, Susu Kental Manis (SKM). Bagi keluarga kami, SKM sering banget digunakan untuk membuat kue, es cendol atau juga topping roti. Nah, bertahun-tahun kemudian, aku mengunakan SKM untuk tambahan membuat cemilan anak-anakku. Paling sering adalah membuat donat, pisang susu, dan es krim. Apalah pernah aku meminum segelas SKM? Pernah banget, apalagi iklan di TV menggiurkan ya? 

Dikatakan kalau minum SKM sudah bagian asupan  gizi seimbang, aduh Moms... itu salah banget! Awalnya, suamiku yang suka menegur, jangan pernah memberikan SKM kepada anak-anak. Kebetulan anak-anak enggak pernah ketagihan SKM, mereka aku kenalkan susu segar, UHT dan susu lainnya. Namun, bagaimana dengan anak-anak yang ortunya ekonomi menengah ke bawah? 

5 Hal yang Ingin Dilakukan di Tahun 2019




Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Sebentar lagi tahun 2018 berganti menjaid tahun 2019. Sudah banyak impian yang akan dilakukan. Nah, sebagai ibu rumah tangga, penulis, blogger dan trainer kepenulisan, aku juga punya impian yang ingin dilakukan pada tahun 2019 mendatang. Nah, berikut aku ceritakan ya!

Rabu, 05 Desember 2018

10 List Blog Favorit Untuk Blogwalking


Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

“Mbk, apa itu BW?”
“Itu singkatan Blogwalking, saling berkunjung dan berkomentar di blog orang lain.”
“Apa manfaatnya?”
“Semakin banyak blogwalking akan meningkatkan DA blogmu, silaturahmi dan juga dapat banyak ilmu.”
“Aku sudah sering BW kok DA enggak naik-naik?”
“Sehari berapa blog yang kamu BW?”
“Jarang sih....”
“Idealnya sih minimal 10 blog perhari.”

***

Menjadi blogger yang mengejar DA/PA atau tidak itu pilihan. Toh, ada berbagai cara untuk mendapatkan penghasilan dari blog. Namun, banyak banget manfaat jadi blogwalking sehingga aku sering BW ke blog berikut :

Selasa, 04 Desember 2018

10 Akun Instagram Favorit


Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Kalau buka IG, apa sih yang sering dilihat? Kalau aku suka juga buka akun-akun IG lain untuk mendapatkan infonya. Walau aktif di IG untuk kerjaan setelah jadi blogger. Namun, akun IG yang sering aku lihat ini berisikan informasi keren dan ada yang menghibur loh hehe...

Berikut 10 Akun Instagram Favoritku :

1. @bunda_didi
Aku suka banget lihat video Mbk Diah Didi ini. Masakannya bikin ngiler abis. Lalu, beliau interaktif. Mau membalas komenku hehe...  selain videonya yang sedang masa, ada juga video anaknya loh.

Senin, 03 Desember 2018

Masih Percaya Zodiak?



Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Hai sahabat smartmom zaman aku masih sekolah SMA Aku tuh suka banget baca majalah yang ada ramalan zodiaknya. Waktu unyu-unyu belum ngerti deh apa itu arti ramalan zodiak telah mempelajari agama Islam lebih lanjut aku jadi tahu kalau kita percaya dengan ramalan itu dosa. Gimana kalau cuma untuk happy fun saja?Lalu gimana pendapatmu? Berikut versiku ya Moms :

Minggu, 02 Desember 2018

5 Negara Impian yang Ingin Dikunjungi



Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Hai sahabat sepatu pasti pengen punya dong negara impian untuk jalan-jalan bersama orang terkasih maka aku pengen banget wisata bersama suamiku, Ini 5 Negara Impian yang Ingin Dikunjungi adalah :

1 Korea
Ini bukan karena demam drama Korea. Tapi, sejak dulu aku ingin sekali ke Pulau Jeju. Kabarnya indah banget ya di sana? Makin penasaran mengenai Korea setelah melihat foto Mbk Asma Nadia, Mbk Sinta Yudisia yang sudah ke Korea. Indahnya pemandangan dan juga tempat wisatanya. Eiya, foto romantis Annisa Rahma dan Anandio Dwis juga bikin mupeng abis. Latar fotonya juga indah banget. Ketauan nih suka kepo dnegan IG mereka hehe... soalnya kisah ta’aruf mereka juga bikin penasaran sih hehe...

Selain itu, sejak ikut Kulwapp buku anak dengan Mbk Watiek Ideo, ada yang share buku anak Korea. Ilustrasinya bagus-bagus banget, jadi pengen punya dan baca-baca langsung loh. Terjemahannya? Iya sih ada juga. Tapi, tetap mupeng ke toko buku di Koreanya, uhuy!

Sabtu, 01 Desember 2018

5 Tips Hidup Sehat Untuk Mom Blogger




Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

5 Tips Hidup  Sehat Untuk Mom Blogger. Punya tubuh yang sehat adalah idaman setiap wanita Apalagi setelah usia 35 tahun pasti deh mengalami keluhan. Aku pun mengalami hal yang sama pada usia 35 tahun aku mulai mengalami mudah capek, sering pusing, tulang mudah sakit dan lain sebagainya. Bahkan aku pernah mengidap asam urat selama 1 tahun. Saat itu, aku mulai berfikir sedikit terlambat sih untuk mengubah pola hidupku, apalagi dulunya aku mengakui memiliki pola makan yang tidak sehat. Contohnya aku hampir setiap minggu makan bakso walaupun sudah di omelin tetap aja kebiasaan itu sudah mengakar, hingga akhirnya menumpuk lemak jahat di dalam tubuhku. Jadilah kena  asam urat.

Pengalaman itu membuat aku semakin memahami akan pentingnya hidup sehat dan aku mulai memperbaharui pola makanku setelah aku jalani akhirnya tubuhku semakin sehat dan aku bisa semakin aktif. Nah teman-teman aku mau bagi tipsnya ya.