Rabu, 26 Desember 2018

5 Cerita Berkesan Awal Hijrahku


sasha halal toothpaste

Assalamualaikum sahabat Smart Mom. Semoga sehat ya. Aku mau cerita pengalaman saat awal aku berhijrah. Tahun 1998 adalah awal aku memutuskan untuk berhijrah dengan diawal memakai jilbab.

Sebenarnya sejak lama hatiku terpaut dengan jilbab. Bahkan sejak aku masih SMP dan SMA, namun hatiku masih ragu untuk menggunakannya. Setelah masuk perguruan tinggi, ada banyak kakak tingkat yang aku kenal menggunakan jilbab panjang. Mereka tanpa cantik sekali di mataku. Makin cantik setelah melihat mereka berpidato atau orasi. Sangat cerdas! Itu kesan pertamaku, maklum tahun 1998 adalah era reformasi. Maka, tak asing melihat kakak berjilbab berorasi.

Jumat, 21 Desember 2018

7 Permainan Seru Untuk Tumbuh Kembang Anak Usia 3 Tahun



Assalamualaikum Sahabat Mom,


Memiliki anak yang tumbuh sehat dan tumbuh sesuai dengan usianya adalah anugerah. Aku sempat terheran-heran melihat kemajuan pertumbuhan Aisyah yang sangat pesat. Hari demi hari aku menemukan hal baru yang unik. Aku harus lebih peka dalam menstimulasi tumbuh kembangnya.

Di usia 3 tahun pertama, memasuki fase golden age, di mana banyak melakukan aktivitas yang mengembangkan kemampuan motorik kasar dan maotorik halusnya. Nah, di sinilah peran orang tua untuk memaksimalkan fase perkembangan ini dengan memberikan stimulus. Aku mengamati Aisyah sangat baik dengan kemampuan yang dimilikinya. Pembendaharaan katanya semakin banyak, gesit dalam menendang bola, dapat minum dengan gelas sendiri dan sosialisasi dengan teman sebayanya baik.

Rabu, 19 Desember 2018

Target Blogging Tahun 2019



Sebagai blogger yang sudah memilih untuk menjadi blogger full time Aku memiliki target tersendiri pada tahun 2019 yang akan datang jika tahun ini aku sudah menjalankan fase peningkatan skill seperti belajar SEO, adsense dan memperdalam youtuber, maka pada tahun 2019 Aku juga pengen merapikan blogku. Nah berikut  Target Blogging Tahun 2019 versiku :

Istri Resik, Keluarga Harmonis dan Romantis


 resik v manjakani whitening

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Beberapa waktu lalu, sempat heboh pernikahan seoarang artis dengan pernikahan mereka melalui ta’aruf. Wah, pernikahan dengan ta’aruf kini booming, alhamdulillah ya. Bertahun yang lalu, aku dan suami juga melakukan proses ta’aruf sebelum menikah. Kami berkenalan melalui tukar biodata dan pertemuan pertama di awal Bulan April dan menikah di tanggal 24 April 2005. 

Dulu, proses ta’aruf belum sebeken sekarang. Kalau orang mendengarnya masih merasa risih, “Kok bisa nekad nikah ‘hanya’ percaya dengan selembar biodata?” atau “Kok yakin dia jodoh kamu?” ya, begitulah misterinya kisah perkenalan kami hingga akhirnya kami  berani mengarungi univeritas rumah tangga.

Selasa, 18 Desember 2018

5 Situs Yang Sering Dikunjungi


Assalamualaikum sahabat Smart Mom,
Saat mengerjakan tantangan #BPN30dayChallenge2018 yang diadakan oleh Blogger Perempuan ini aku sempat bingung situs apa ya yang sering aku kunjungi? Masalahnya banyak banget sih.  Jadi aku mau cerita 5 aja situs yang paling sering aku kunjungi :

7 Kehebatan Perut Sehat dari Bebelac Gold


7 kehebatan perut sehat dari bebelac gold


Assalamualaikum Sahabat Smart Mom, 

Alhamdulillah Aisyah sudah berusia 4 tahun. Sebentar lagi mau masuk TK. Aisyah sudah setiap hari ingin masuk TK, apalagi rumah kami dekat sekali dengan TK tempat Abang Fatih dulu. Selain pengen banget masuk sekolah, Aisyah lagi senang sekali mencoba hal baru. Dari mencoba mencuci piring, melipat baju, menyapu, membersihkan sayur dan lainnya.
“Mi, Aisyah aja yang cuci piring!”
“Mi, Aisyah mau kocok telur!”

Senin, 17 Desember 2018

Pengalaman Tinggal di 3 Kota (Jambi, Bengkulu, dan Padang)


Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Menjadi orang yang sering pindah-pindah emang seru. Walau penuh pengalaman suka dan duka, tetap aja pindah-pindah itu ada hati yang terluka. Eits, siapa itu? Kisahnya emang ada yang mellow dan ada yang menyenangkan. Mungkin kalau ditanya, “Kamu asalnya dari mana?” aku akan menjawab di Bengkulu. Namun, tidak bisa dipungkiri aku kelahiran di Jambi. Jadi, tetap saja Provinsi Jambi memiliki kenangan tersendiri. Bagaimana dengan di Padang? Selama 2 tahun di sana, melahirkan Aisyah dan wisuda suami di Univeristas Andalas penuh dengan cerita.

Nah, inilah kisahku tinggal di Jambi, Bengkulu dan Padang :

Minggu, 16 Desember 2018

5 Kebahagiaan Sederhana



Setiap orang memiliki standar yang berbeda-beda dalam meraih sebuah kebahagiaan aku sendiri juga memiliki kebahagiaan yang sederhana. Nah apa saja itu aku ceritakan ya :

1.Masakan Disukai Suami
Senang banget rasanya kalau masakan kita itu disukai suami Emang sih selama ini suamiku tidak terlalu banyak protes soal masakan yang aku masak hanya saja kalau aku sibuk jarang masak, sehingga jarang didapat pujian suami heheh.... Masakan kalau disukai suami itu rasanya berbunga-bunga, hahah... suamiku senang masakan apa aja. Paling senang dimasakin tumis jantung pisang, bunga pepaya, pindang ikan.

Sabtu, 15 Desember 2018

5 Produk Kecantikan Penunjang Penampilan



Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Ingin terlihat lebih cantik itulah fitrah perempuan. Cantik dengan wajah cerah, tidak kusam terutama bicara yang tidak jutek hehe... jadi, wajah cantik akan menunjang penampilan.

Wajahku pernah mengalami kusam dan suram hehe.. saat itu emang tidak ada niatku untuk pakai krim malam, aku bahkan suka lupa pakai pelembab saat keluar rumah. Akibatnya, saat difoto akan kelihatan jelas wajahku penuh dengan flek hitam dan kusam huhu...

Maka, sejak itu aku bertekad untuk lebih menjaga penampilan. Wajah cantik  tak perlu emang perlu perawatan. Tak usah yang mahal-mahal cukup dengan penuh trik hehe...

Jumat, 14 Desember 2018

5 Kenangan Masa Kecil yang Berkesan



Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Mengenang masa kanak-kanak adalah yang membuat rasa terbang ke masa lalu. Saat Ayah dan Ibu masih berkumpul bersamaku. Saat TK sering main ke kantor Ayah, sering diajak jalan-jalan, makan di luar hingga ke acara pameran sehingga membuat aku selalu semangat jika ada acara pameran.

Masa kecilku banyak di Bengkulu, keluarga besarku pindah dari Jambi ke Bengkulu sejak aku usia 1 tahun. Kenangan itu sangat banyak. Saat masa-masa Ibu sering menang lomba Batik Besurek atau para tamu dari luar negeri datang ke rumah kami.

Kamis, 13 Desember 2018

5 Keinginan Yang Belum Tercapai


Assalamualaikum sahabat Smart Mom,

Setiap orang pasti punya keinginan dan punya impian yang dipupuk sehingga punya tekad yang kuat untuk menggapainya. Aku dan keluargaku juga punya keinginan yang ingin dicapai namun belum tercapai di tahun ini untuk itu kami terus berdoa dan berdoa dan berusaha untuk mencapai impian yang ingin kamu dapatkan.

Rabu, 12 Desember 2018

3 Hal yang Disesali Saat Ini



Assalamualaikum Sahabat Mom,

Sebagai manusia kita pasti mengalami penyesalan akan hal yang pernah terjadi. Aku pun mengalami penyesalan yang membuatku berandai-andai. “Andai aku...” tapi, Islam mengajarkan tidak boleh berandai-andai karena itu pintu syetan.

Penyesalan selalu datang terlambat begitu kata orang bijak. Namun, menyikapi penyesalan itu aku harus berbenah. Aku harus melakukan hal untuk membayar rasa penyesalan itu. Yap, apa saja yang membuat au menyesal hingga saat ini?

Selasa, 11 Desember 2018

Tips Sukses Menjadi Blogger Full Time


blogger full time atau blogger part time

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Sejak resign 2013 lalu, aku meilih menjadi full writer. Aku menulis dari rumah untuk majalah, koran, buku dan blog. Kemudian fokus menjadi blogger sejak tahun 2015. Menjadi blogger  full time setelah memilih untuk fokus ngeblog dibanding menulis buku membuat aku terus belajar meningatkan skill menjadi seorang blogger yang sukses.

Sukses di sini artinya yang stabil penghasilan sebagai blogger. Minimal sebulan sudah ada pendapatan minimal yang ditargetkan. Saat awal merintis blog, targetku ikut job yang dikontrak 3 bulan dengan penghasilan Rp. 1,5 juta/bulan. Setelah job itu berakhir, aku banyak dapat pelajaran dalam mengatur waktu dan membuat konten yang baik. Sejak itu, aku tergiur untuk mendalami dunia blogger.

Senin, 10 Desember 2018

5 Pekerjaan Rumah Tangga yang Dinikmati




Assalamualaikum Sahabat Smart Mom

Saat sebelum menikah, tidaklah terbayang akan mengerjarkan tugas domestik sendirian. Bahkan diawal menikah, kami masih memasak dengan menggunakan tunggu kayu. Aku sempat memotong kayu bakar dan belajar menghidupkan api. Aku sempat menangis kondisi itu jauh dari impianku. Aku menangis. Aduh, aku dulu cengeng banget menghadapi kenyataan. Padahal masih banyak ibu rumah tangga lain yang jauh lebih sulit kondisi ekonominya ya?
Jatuh bangun kondisi ekonomi membuat aku memperisiapkan diri menjaid ibu rumahtangga tangguh. Sejak kelahiran anak kedua, aku belajar menjaid ibu rumahtangga yang tida lagi cenggeng. Perlahan tugas domestik aku kerjakan sendiri.

Minggu, 09 Desember 2018

5 Kegiatan Liburan Ala Smart Mom


5 Kegiatan Liburan Ala Smart Mom

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom, 

Hari libur adalah hal yang menyenangkan. Tapi, itu jarang banget aku dan keluarga pas jadwal liburannya. Kadang suami yang libur tugas kantor, aku yang banyak ngisi acara dan sebaliknya. Namun, kalau ketemu momen yang pas, kami sering melakukan hal berikut :

Sabtu, 08 Desember 2018

Jika Aku Punya Uang 100 Juta


naqiyyah syam penulis dari lampung

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom

Suatu hari temanku share di beranda facebook kalau saldo di rekeningnya masih ratusan juta. Aku sempat kaget, “Wow, kaya mendadak!” pas lebih teliti, ternyata itu permainan dari sebuah aplikasi aja hehe... bahkan ketika aku mencoba dan aku share di faceboo, suamiku sempat nanya, “Mi, benaran dapat uang 400 juta?” haha... ya Allah, semoga menjadi ijabah deh ya.

Kalau aku punya uang 100 juta, aku mau ngapain nih?

Jumat, 07 Desember 2018

5 Youtuber Favorit

youtuber lampung
Tempat asyik kalau buat syuting video ya?



Assalamualaikum Sahabat Smart Mom

Aku baru  beberapa bulan ini mengamati para youtubers setelah beberapa teman di Tapis Blogger fokus ke akun youtube. Selama ini akun youtube kurang tersentuh karena fokus ke blog. Namun, setelah mengikuti Pelatihan Youtube beberapa kali, maka aku paling sering kepo dengan aku youtube berikut. List ini gabung dengan youtuber yang disukai anak-anakku ya hehe...

Kamis, 06 Desember 2018

Cara Bijak Menggunakan Susu Kental Manis (SKM)

bijak menggunakan susu kental manis provinsi lampung

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,


Zaman kecil ingat banget kalau di rumahku selalu ada susu kaleng, Susu Kental Manis (SKM). Bagi keluarga kami, SKM sering banget digunakan untuk membuat kue, es cendol atau juga topping roti. Nah, bertahun-tahun kemudian, aku mengunakan SKM untuk tambahan membuat cemilan anak-anakku. Paling sering adalah membuat donat, pisang susu, dan es krim. Apalah pernah aku meminum segelas SKM? Pernah banget, apalagi iklan di TV menggiurkan ya? 

Dikatakan kalau minum SKM sudah bagian asupan  gizi seimbang, aduh Moms... itu salah banget! Awalnya, suamiku yang suka menegur, jangan pernah memberikan SKM kepada anak-anak. Kebetulan anak-anak enggak pernah ketagihan SKM, mereka aku kenalkan susu segar, UHT dan susu lainnya. Namun, bagaimana dengan anak-anak yang ortunya ekonomi menengah ke bawah? 

5 Hal yang Ingin Dilakukan di Tahun 2019




Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Sebentar lagi tahun 2018 berganti menjaid tahun 2019. Sudah banyak impian yang akan dilakukan. Nah, sebagai ibu rumah tangga, penulis, blogger dan trainer kepenulisan, aku juga punya impian yang ingin dilakukan pada tahun 2019 mendatang. Nah, berikut aku ceritakan ya!

Rabu, 05 Desember 2018

10 List Blog Favorit Untuk Blogwalking


Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

“Mbk, apa itu BW?”
“Itu singkatan Blogwalking, saling berkunjung dan berkomentar di blog orang lain.”
“Apa manfaatnya?”
“Semakin banyak blogwalking akan meningkatkan DA blogmu, silaturahmi dan juga dapat banyak ilmu.”
“Aku sudah sering BW kok DA enggak naik-naik?”
“Sehari berapa blog yang kamu BW?”
“Jarang sih....”
“Idealnya sih minimal 10 blog perhari.”

***

Menjadi blogger yang mengejar DA/PA atau tidak itu pilihan. Toh, ada berbagai cara untuk mendapatkan penghasilan dari blog. Namun, banyak banget manfaat jadi blogwalking sehingga aku sering BW ke blog berikut :

Selasa, 04 Desember 2018

10 Akun Instagram Favorit


Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Kalau buka IG, apa sih yang sering dilihat? Kalau aku suka juga buka akun-akun IG lain untuk mendapatkan infonya. Walau aktif di IG untuk kerjaan setelah jadi blogger. Namun, akun IG yang sering aku lihat ini berisikan informasi keren dan ada yang menghibur loh hehe...

Berikut 10 Akun Instagram Favoritku :

1. @bunda_didi
Aku suka banget lihat video Mbk Diah Didi ini. Masakannya bikin ngiler abis. Lalu, beliau interaktif. Mau membalas komenku hehe...  selain videonya yang sedang masa, ada juga video anaknya loh.

Senin, 03 Desember 2018

Masih Percaya Zodiak?



Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Hai sahabat smartmom zaman aku masih sekolah SMA Aku tuh suka banget baca majalah yang ada ramalan zodiaknya. Waktu unyu-unyu belum ngerti deh apa itu arti ramalan zodiak telah mempelajari agama Islam lebih lanjut aku jadi tahu kalau kita percaya dengan ramalan itu dosa. Gimana kalau cuma untuk happy fun saja?Lalu gimana pendapatmu? Berikut versiku ya Moms :

Minggu, 02 Desember 2018

5 Negara Impian yang Ingin Dikunjungi



Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Hai sahabat sepatu pasti pengen punya dong negara impian untuk jalan-jalan bersama orang terkasih maka aku pengen banget wisata bersama suamiku, Ini 5 Negara Impian yang Ingin Dikunjungi adalah :

1 Korea
Ini bukan karena demam drama Korea. Tapi, sejak dulu aku ingin sekali ke Pulau Jeju. Kabarnya indah banget ya di sana? Makin penasaran mengenai Korea setelah melihat foto Mbk Asma Nadia, Mbk Sinta Yudisia yang sudah ke Korea. Indahnya pemandangan dan juga tempat wisatanya. Eiya, foto romantis Annisa Rahma dan Anandio Dwis juga bikin mupeng abis. Latar fotonya juga indah banget. Ketauan nih suka kepo dnegan IG mereka hehe... soalnya kisah ta’aruf mereka juga bikin penasaran sih hehe...

Selain itu, sejak ikut Kulwapp buku anak dengan Mbk Watiek Ideo, ada yang share buku anak Korea. Ilustrasinya bagus-bagus banget, jadi pengen punya dan baca-baca langsung loh. Terjemahannya? Iya sih ada juga. Tapi, tetap mupeng ke toko buku di Koreanya, uhuy!

Sabtu, 01 Desember 2018

5 Tips Hidup Sehat Untuk Mom Blogger




Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

5 Tips Hidup  Sehat Untuk Mom Blogger. Punya tubuh yang sehat adalah idaman setiap wanita Apalagi setelah usia 35 tahun pasti deh mengalami keluhan. Aku pun mengalami hal yang sama pada usia 35 tahun aku mulai mengalami mudah capek, sering pusing, tulang mudah sakit dan lain sebagainya. Bahkan aku pernah mengidap asam urat selama 1 tahun. Saat itu, aku mulai berfikir sedikit terlambat sih untuk mengubah pola hidupku, apalagi dulunya aku mengakui memiliki pola makan yang tidak sehat. Contohnya aku hampir setiap minggu makan bakso walaupun sudah di omelin tetap aja kebiasaan itu sudah mengakar, hingga akhirnya menumpuk lemak jahat di dalam tubuhku. Jadilah kena  asam urat.

Pengalaman itu membuat aku semakin memahami akan pentingnya hidup sehat dan aku mulai memperbaharui pola makanku setelah aku jalani akhirnya tubuhku semakin sehat dan aku bisa semakin aktif. Nah teman-teman aku mau bagi tipsnya ya. 

Jumat, 30 November 2018

5 Barang Koleksi di Rumah

Pakai jilbab tapis koleksiku (Foto by Latifah)

Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Dulu, sebelum menikah aku hobi mengoleksi rok. Berbagai macam warna rok panjang aku koleksi hehe... tapi, sejak menikah barang koleksiku semakin sedikit. Aku juga sudah jarang mengkoleksi rok, tapi mengkoleksi jilbab tapis xixixi... selain itu, ada juga barang lainnya. Nah, berikut 5 Barang Koleksi di Rumah :

Kamis, 29 November 2018

5 Rekomendasi Buku Anak



Assalamualaikum Sahabat Smart Mom, 



Dalam 3 bulan terakhir, baca buku apa saja Moms? Aku jadi teringat saat mengisi formulir pemilihan Duta Baca Provinsi Lampung, ada list 10 buku yang sudah dibaca. Ya, sudah bisa ditebak, aku banyak membaca buku fiksi dalam 3 bulan terakhir. 

Dulu, aku lebih banyak mengoleksi buku non fiksi tema parenting. Namun dalam 3 bulan terakhir, bacaanku sangat beragam. Tapi, lebih banyak buku bacaan anak hehe... 

Rabu, 28 November 2018

5 Blogger Perempuan Inspiratif Favoritku



Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Berkenalan yuk dengan blogger perempuan yang berdedikasi tinggi dalam menulis konten positif di blognya. Tulisannya asyik dibaca dan bertenaga. Nah, sebenarnya banyak sekali blogger perempuan yang aku kenal dan inspiratif. Berhubung dibatasi hanya 5 saja, baiklah inilah 5 Blogger Perempuan Inspiratif versiku :

1. Haya Aliya Zaki (https://www.hayaaliyazaki.com)

Mbk Haya aku kenal sejak aku berburu menulis buku antologi. Beberapa kali satu buku antologi dengan Mbk Haya. Lalu, Mbk Haya sering ikut lomba blog dan menang. Akhirnya aku terpicut untuk mencoba ikutan lomba blog. Mbk Haya sering berbagi tips menulis di blognya. Kalau tulisan reportasenya bagus banget. Aku suka kepo-in blognya Mbk Haya.

Selasa, 27 November 2018

5 Barang yang Selalu Ada di Tas


Assalamualaikum Sahabat Smart Mom, 

Barang apa saja nih yang selalu ada di dalam tas? Ya, walau pernahlah satu atau dua kali terlupa, tapi paling enggak benda paling sering ada di dalam tas. Soalnya, pernah juga sih benda yang dibutuhkan tertinggal akibat ganti tas hehe... 

Untuk acara blogger atau liputan, aku selalu membawa 5 Barang yang Selalu Ada di Tas ini : 

Senin, 26 November 2018

5 Tempat Makan Favorit Keluargaku



Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

 5 Tempat Makan Favorit Keluargaku. Sejak menikah, aku jadi sering mencoba makan dengan menu berbeda. Dulu, susah sekali menelan sayuran terutama tauge atau kecambah. Sejak menikah, suamku doyan makan. Jadilah, aku ikutan pelan-pelan menyukai berbagai makanan. Namun, kami jarang makan diluar sejak suamiku mulai sibuk dengan kerjaan. Weekend aja suami memilih untuk istirahat di rumah. Kalau mau pesan makanan lebih memilih dibungkus dan makan di rumah saja. Asli emang rempong bawa anak-anak makan diluar. Belum lagi menu tidak sesuai selera mereka. Jadinya anak-anak sering protes kalau tidak ada menu ayam goreng hehe...

Untuk di Lampung, berikut 5 Tempat Makan Favorit Keluargaku   :

Minggu, 25 November 2018

5 Fakta Menarik Tentang Naqiyyah Syam




Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Alhamdulillah Day 6 aku mengikuti #BPN30dayChallenge2018. Agak bingung mau menceritakan fakta soal diri sendiri. Sepertinya aku sudah terlalu banyak curhat di blog, sehingga sudah banyak hal yang diketahui banyak orang hehe... tapi coba deh aku ceritakan lagi ya, 5 Fakta Tentang Naqiyyah Syam  berikut :

1. Dari Penari Jadi Penulis

Sejak kecil aku suka menari. Ikut sanggat tari, buat kelompok menari bersama teman-teman SD hingga beberapa kali tampil menari tradisional. Aku pernah menguasai tarian Bengkulu, Jambi dan Palembang. Lupa ya gerakannya sudah lama juga enggak menari. Tapi, kalau melihat orang tampil menari tradisional, khususnya tarian Lampung pasti pengen goyang hahahah...

Dulu, awal hijrah adalah yang paling sulit untuk berhenti menari. Akhirnya aku menyibukkan diri dengan mengelola Mading Hima-Hutan (Himpunan Mahasiswa Kehutanan), dari sana aku menemukan bakatku kembali. Yap, sejak pakai jilbab aku memutuskan tidak menari lagi dan akhirnya menjadi wartawan kampus. Kemudian bergabung dengan Forum Lingkar Pena (FLP)  hingga sekarang.

Sabtu, 24 November 2018

Bijak di Media Sosial : Bersama Jempol Kita ke Surga

bijak di media sosial


Assalamualaikum Sahabat Smart Mom, 

Pada tanggal 13 Oktober 2018 lalu, Forum Puspa Lampung mengadakan Pelatihan Penggunaan Media Sosial di Kampung Enggal Harmoni. Kerjasama antara Forkomwil Puspa Lampung dan Kementerian PPA. Kelurahan Enggal, Kecamatan Enggal, Bandar Lampung. Bagi yang belum tahu apa itu sih Puspa? Puspa singkatan dari Partisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (PUSPA) dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak. Kebetulan aku bergabung menjadi pengurus perwakilan Komunitas Tapis Blogger. 

Jumat, 23 November 2018

7 Keuntungan Gabung Blogger Perempuan Network


Assalamualaikum Sahabat Smart Mom, 


Aku lupa kapan aku bergabung dengan Blogger Perempuan (BP), tapi akhirnya aku jadi aktif ngeblog sejak bergabung dengan Komunitas Blogger Perempuan Network ini. Tentu saja aku senang sekali syarat gabungnya sangat mudah loh! Cukup punya blog dan jenis kelamin perempuan. Kalau pakai akun istri dan nyamar masuk ke group Blogger Perempuan awas aja kalau ketauan ya! Xixixi.... 

Nah, kemudian BP semakin melebarkan sayapnya menjadi Blogger Perempuan Network, aku banyak sekali mendapat manfaatnya, aku ceritakan ya 7 Manfaat Bergabung dengan Blogger Perempuan Network (BPN): 

Kamis, 22 November 2018

Rahasia Nama Blog Naqiyyah Syam


Assalamualaikum Sahabat Smart Mom, 

Ada yang masih bingung memilih nama blog? Beberapa kali mengisi pelatihan blog, ada beberapa peserta yang pusing mikirin nama blognya. Satu kuncinya, nama blog adalah personal brandingmu! Yap, kamu mau dikenal sebagai apa? Pilihlah nama blogmu untuk masa depanmu! 

Apa itu personal branding? Sudah aku tulis direview buku Personal branding karya Dewi Haroen. Intinya, nama blog adalah nama yang membuatmu dikenal sebagai nama itu. Nah, sejak dulu aku menggunakan nama pena Naqiyyah Syam, jadi aku nyaman pakai nama ini. Sttt.... ada yang belum tahu nama asliku? 

Rabu, 21 November 2018

5 Tema Blog yang Disukai


tema blog yang disukai rawpixel unplash


Assalamualaikum sahabat Smart mom,

Penasaran tema blog yang disukai atau paling sering aku tulis di blog? Baiklah, aku mau cerita ya bagaimana aku memilih niche blogku. Yap, niche blogku lifestyle, tapi ada 3 tema besar dalam blogku ini, yaitu parenting, kepenulisan dan lifestyle smart mom (gado-gado). Nah, aku bahas ya satu persatu hehe...

5 Tema Blog yang Disukai

1. Tema blog yang disukai itu parenting.


Salah satu tujuan Aku menulis di blog adalah untuk menuliskan portofolio anak-anakku, jadi aku suka sekali menulis tema parenting di blog aku ini. Saat Faris kecil isi blog ini adalah bagaimana perjuangan aku mengelola emosi untuk menambah anak lagi karena kala itu Faris kecil sering sakit-sakitan. Aku berjuang untuk lulus sertifikasi guru dan tulisan itu menjadi pemenang pertama lomba blog yang diadakan oleh Anazkia, Blogger yang kala itu masih  jadi TKI di Malaysia. Aku ngiri banget waktu itu, Anazkia rajin banget ngeblognya.

Selasa, 20 November 2018

9 Alasan Kenapa Menulis Blog



Assalamualaikum Sahabat Smart Mom, 



Sejak tahun 2015 aku memilih untuk fokus merawat blogku. Awalnya untuk menambah penghasilan. Saat itu, aku lagi senang mengikuti kelas menulis online dan suamiku sedang kuliah S2 di Unand. Pikiranku terus berputar bagaimana ya menambah penghasilan dari menulis? 

Kemudian, aku terdampar di group Blogger FLP. Beberapa blogger senior memberikan motivasi bagaimana cara menulis blog dibayar, cara menulis blog yang menarik, hingga mengarahkan bagaimana blogku yang awalnya gado-gado menjadi lebih fokus beberapa niche saja. 

Kamis, 08 November 2018

Tips Cantik Bersama Swissvita Micrite 3D All Series Pack


Assalamualaikum Sahabat Smart Mom, 


Beberapa minggu ini aku mulai menulis calon buku lagi. Artinya, selain menulis artikel di blog tercinta ini, aku harus berbagi waktu untuk mencicil naskah bukuku kelak. Jadilah aku menyiapkan bahan untuk calon bukuku dan berjibaku dengan komunitas yang aku ikuti. Waktu yang berputar selama 24 jam itu harus diatur dengan tepat dan optimal agar semua dapat terlaksana. Namun, tidak dapat dihindari aku pun ikut bergadang, huhu... efeknya itu kerasa banget loh, selain badan enggak fit jadilah wajahku terlihat enggak fresh. 

Rabu, 07 November 2018

Berniat Beli Mainan Untuk Anak? Ini Tips dan Triknya Agar Tak Salah Pilih





Assalamuaalaikum Sahabat Smart Mom, 

Saat ini Aisyah usianya 4 tahun. Lagi senang bermain peran. Banyak sekali mainan masakan di rumah. Kalau diajak ke pasar, pasti deh minta beli mainan. Nah, terkadang orang tua bingung memberikan aturan membeli dan memberikan mainan kepada anak. Minimnya pengetahuan dan pengalaman membuat kita seringkali salah membeli mainan. Tidak hanya salah dalam memilih mainan yang tepat dan dibutuhkan oleh anak melainkan, kita juga sering salah dalam memilih ukuran dan kualitas mainan.

Senin, 05 November 2018

Pentingnya 1000 Hari Pertama Kehidupan Untuk Masa Depan Anak



Assalamualaikum Sahabat Smart Mom, 

Nutrisi yang baik dan cukup pada 1000 hari pertama anak sangat penting.  Ibu sebaiknya memantau perkembangan nutrisi sejak kehamilan hingga anak berusia dua tahun. Hal ini berguna menunjang kesehatan,  kesuksesan dan kesejahteraan anak.

Jumat, 02 November 2018

Matras Airtrack, Sahabat Perempuan yang Ingin Senam di Rumah




Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Sejak punya anak tiga, fisik sudah sangat berbeda. Mudah sekali capek dan drop. Jika sebelum menikah dikenal sebagai cewek aktivis, rapat sana-sini dan penuh energik. Namun, setelah menikah, prioritas telah berbeda. Kegiatan bersama keluarga adalah yang utama. Dari mengantar anak sekolah, menjemput anak sekolah, tugas domestik hingga pengembangan kapasitas sebagai ibu rumah tangga. Semua kegiatan itu memerlukan fisik yang kuat juga loh! Apalagi sejak melahirkan anak ketiga perut tidak ikutan kempis. Masih aja dikira orang hamil lagi, huhu...

Senin, 29 Oktober 2018

Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Memilih Apartemen



Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Suatu ketika aku terpesona dengan apartemen sebuah drakor yang aku tonton. Tokoh dalam drakor ini memiliki dua anak, yaitu laki-laki dan perempuan. Di apartemennya rapi dan tersusun berbagai permainan edukatif. Selain itu, tetangganya juga sangat kondusif. Pernah suatu hari anaknya akan diculik, penghuni apartemen lainnya bergerak cepat menangkap si penculik dengan menyebar info di group WA.

Kamis, 25 Oktober 2018

Cerita Seru Makan Enak dan Halal di HokBen Lampung

hokben lampung


Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Siang  yang terik aku mengajak Mas Faris dan Abang Fatih ke MBK. Sebelumnya dari rumah sudah aku sampaikan kalau kami akan makan siang di Hokben Lampung.

“Apa itu, Mi?” tanya Abang Fatih.  Abang Fatih penasaran tempat tujuan kami. Maklum saja HokBen Lampung memang baru buka tanggal  17 Oktober 2018. “Tempat makan enak, ada ayam goreng loh!” jawabku singkat. Mengingat Fatih emang penggemar ayam goreng seperti Upin dan Ipin.

hokben lampung

Rabu, 17 Oktober 2018

Tips Menjaga Kesehatan Untuk Ibu Rumah Tangga Aktif



Assalamualaikum Sahabat Smart Mom, 


Dalam dua mingguan ini jadwalku sibuk sendiri. Sampai ada di group WA yang selama ini aku aktif terpaksa aku izin keluar karena ingin fokus dengan amanah ini. Memang tidak mudah saat ingin aktif di luar rumah, urusan di rumah juga harus dikerjakan. Kalau kata Bu Septi pendiri Ibu Profesional, “Bersungguh-sungguhlah di dalam, nanti kamu akan keluar dengan kesungguhan,” artinya beres dulu urusan di dalam rumah, baru tenang deh aktif di luar rumah. Aku sendiri bersyukur sekali suamiku mendukung aktifitas mengelola Komunitas Tapis Blogger dan sebagai trainer kepenulisan. Tanpa dukungan suami, tidak mungkin aku bisa aktif di luar rumah. Kami harus berbagi peran dan tugas. 

Senin, 08 Oktober 2018

Blogtour dan Giveaway Buku Personal Branding Karya Dewi Haroen




Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Dalam dunia blogger, kata personal branding tidak asing lagi. Setiap blogger punya niche tersendiri. Tanpa sadar, seorang blogger sudah melakukan personal branding sejak memilih nama untuk blognya. Bagi seorang blogger, personal branding sangat diperlukan untuk job atau kerjasama dengan klien. Misalnya, personal branding tema parenting, maka kita akan melihat review produk dan jasa di dalam blognya tidak jauh dari tema pengasuhan anak. Demikian juga travel blogger. Mereka akan menuliskan tema perjalanan mereka dan jejak media sosial mereka berdasarkan personal brandingnya.

Nah, sahabat Smart Mom, kali ini aku akan mereview buku karya Dewi Haroen berjudul Personal Branding Sukses Karier Di Era Milenial. Menurut Timothy P. O’Brien dalam bukunya The Power of Branding (2007) mengatakan, Personal brand adalah sebuah indentitas pribadi yang mampu menciptakan respon emosional terhadap orang lain mengenai kualitas  dan nilai yang dimiliki seseorang (Hal 6).

Senin, 01 Oktober 2018

Laptop Idaman Untuk Blogger Nge-hits



Assalamualaikum Sahabat Smart Mom,

Hai Moms, apakabar semua. Aku mau cerita mengenai profesiku saat ini sebagai blogger. Kalau ditanya, “Pekerjaanmu apa?” maka dengan bangga aku jawab, “Sebagai blogger!” saat mengisi formulir membuat buku tabungan di salah satu bank, profesi sebagai blogger juga sudah diakui loh! Jadi blogger itu senang enggak sih? Wah, pertanyaan ini jawabannya relatif ya. Aku menjalani sebagai blogger dengan menikmati prosesnya.


Saat awal punya domain blog ini tahun 2015. Aku masih buta mengenai  DA, PA, Google Anayltic, Invoice dan hal baru lainnya dalam dunia blogger. Aku mengamati teman-teman blogger yang nge-hits. Aku kepo! Aku sering mampir ke blog mereka dan mempelajari, apa yang menarik dari artikel mereka tersebut sehingga dikenal sebagai blogger nge-hits.